Home / Seputar Kepri / Permainan Gasing Massal Warnai Kenduri Seni Melayu
Permainan tradisional Melayu ditampilkan di Kenduru Seni Melayu 2019. (foto GenPi.co.)

Permainan Gasing Massal Warnai Kenduri Seni Melayu

KEPRIPOS.COM-Meski cuaca kurang bersahabat namun hal itu tak menyurutkan antusias di Kenduri Seni Melayu. Bahkan hujan tidak menyurutkan semangat anak-anak sekolah bermain gasing di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Jumat (13/12/2019).
Berpakaian Melayu sesuai seragam sekolah masing-masing, para pelajar melemparkan gasing dari tali pelontarnya ke lantai semen. Gasing pun berputar beberapa detik lamanya, dan jadi hiburan bagi ratusan pasang mata yang menyaksikannya.

Permainan gasing massal ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Kenduri Seni Melayu (KSM) 2019. Agenda kebudayaan yang rutin dilaksanakan sejak 1999 ini, disejalankan dengan perayaan Hari Jadi Batam ke-190. “Gasing ini termasuk dalam pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD), yang salah satunya adalah permainan tradisional. Karena itu, kita tampilkan juga di acara KSM,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata.

Ini kata dia, kali kedua Disbudpar menggelar permainan gasing secara massal. Ardi mengatakan, tujuannya untuk melestarikan permainan gasing agar tidak punah ditelah zaman. Gasing pun berputar beberapa detik lamanya, dan jadi hiburan bagi ratusan pasang mata yang menyaksikannya. Permainan gasing massal ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Kenduri Seni Melayu (KSM) 2019. Agenda kebudayaan yang rutin dilaksanakan sejak 1999 ini, disejalankan dengan perayaan Hari Jadi Batam ke-190.

“Gasing ini termasuk dalam pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD), yang salah satunya adalah permainan tradisional. Karena itu, kita tampilkan juga di acara KSM,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata.Ini kata dia, kali kedua Disbudpar menggelar permainan gasing secara massal.Ardi mengatakan, tujuannya untuk melestarikan permainan gasing agar tidak punah ditelah zaman.

Editor Roy

Check Also

Kali Ini Asal NTB, Polda Kepri Kembali Bekuk Bos Penyelundup PMI ke Malaysia

KEPRIPOS.COM – Polisi kembali menangkap satu pelaku pengiriman PMI ke Malaysia berinisial M alias Ong. …

Leave a Reply