Home / Berita / Persiapkan Tahapan Pilkada, KPU Tanjungpinang Koordinasi dengan BNN

Persiapkan Tahapan Pilkada, KPU Tanjungpinang Koordinasi dengan BNN

KEPRIPOS.COM (KPC), TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menghadapi tahapan pendaftaran calon walikota dan wakil walikota.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), psikolog dan Pengadilan Negeri setempat dalam penyelenggaraan tahapan pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota.

“Kami sudah silaturahim ke BNN Tanjungpinang, Pengadilan Negeri dan Ikatan Dokter Indonesia Tanjungpinang terkait dengan semakin dekatnya tahapan pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota,” ujarnya, Rabu (28/11).

Robby mengemukakan tahapan pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota ditetapkan pada 8-10 Januari 2018. Koordinasi dengan ketiga lembaga itu untuk memeriksa kesehatan, bebas narkoba dan kejiwaan para kandidat.

Tahapan itu pula wajib diikuti oleh seluruh bakal calon wali kota dan wakil wali kota karena bagian dari syarat pencalonan. Tim BNN akan memastikan bakal calon wali kota dan wakil wali kota bebas narkoba atau tidak, sedangkan IDI untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Psikolog bertugas memeriksa kejiwaan calon yang akan mengikuti pesta demokrasi 27 Juni 2018.

“Kebijakan itu dilaksanakan sesuai Peraturan KPU Nomor 3 tentang Pencalonan, IDI, BNN, dan Himpunan Psikolog Seluruh Indonesia,” ujarnya.

Robby menyatakan untuk pemeriksaan kesehatan, tim dokter dari IDI berhak menetapkan rumah sakit yang memiliki standar pemeriksaan kesehatan. Namun jadwal pemeriksaan kesehatan, bebas narkoba dan kejiwaan ditetapkan KPU Tanjungpinang.

Setelah tim tersebut selesai melakukan pemeriksaan dan menyerahkan hasil, KPU dapat menetapkan calon pada 12 Februari 2018. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply