Home / Seputar Kepri / Pertahanan di Natuna Diperkuat, Jadi Pangkalan Utama TNI AL

Pertahanan di Natuna Diperkuat, Jadi Pangkalan Utama TNI AL

KEPRIPOS.COM (KPC), NATUNA – Konflik Laut Cina Selatan memang sangat berpotensi menyeret Indonesia masuk dalam pusaran tersebut. Pasalnya, dalam peta sembilan garis putus-putus, Cina mencaplok Natuna sebagai bagian wilayah perairan perikanan tradisional mereka.

Menghadapi potensi konflik itu, Pemertintah Indonesia memperkuat pertahanan di Natuna. Natuna diproyeksikan menjadi pangkalan utama TNI AL dengan kekuatan yang besar dan siap menghadapi berbagai kemungkinan buruk jika terjadi konflik.

Saat berkunjung ke Natuna bersama Presiden Jokowi, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan dalam kunjungan perdananya ke Natuna, Jokowi ingin melihat langsung kekuatan militer RI di sana.

Saat ditanya soal detail pengembangan pertahanan di Natuna ke depan, Luhut belum mau menjawab rinci. Namun dia memastikan peningkatan dan penguatan pertahanan itu tak akan mengganggu stabilitas di kawasan.

“Saya kira masih kita pelajari, tapi tadi kita fokus masalah ekonomi dan masalah kedaulatan. Jadi tadi Bu Menlu sampaikan kita tidak ingin mengganggu stabilitas keamanan di kawasan ini,” ucap Luhut.

Salah satu yang dikembangkan itu adalah Pangkalan Utama Angkatan Laut di Natuna. “Ya pastilah itu dilakukan sedang dalam perencanaan, tentu tidak bisa kita buka semua (menyangkut pertahanan, red),” tambah Luhut. (Batam Pos)

Check Also

Douwes Dekker, Belanda yang Cinta Indonesia, Anti-Belanda

KEPRIPOS.COM – Tahun 1947, setelah Agresi Militer Belanda I, ada perundingan awal untuk persiapan perundingan …

Leave a Reply