Home / Berita / Ribuan Warga Padati Pawai Budaya HUT Batam

Ribuan Warga Padati Pawai Budaya HUT Batam

KEPRIPOS.COM, Batam – Ribuan masyarakat Kota Batam Kepulauan Riau memadati arena pawai budaya dari berbagai komunitas untuk memperingati Hari Jadi Kota Batam yang ke-188, Senin.
Pawai yang digelar di sepanjang Jalan Raja Haji Fisabilillah, dari bundaran Tuah Madani sampai ke Dataran Engku Putri itu dilepas Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad bersama Wakil Ketua DPRD Batam Iman Sutiawan dan diterima Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya.
“Pawai ini untuk menunjukkan bahwa masyarakat Batam itu sangat beragam. Melayu payung negeri, tapi di bawahnya banyak paguyuban. Batam milik kita semua,” kata Wali Kota.
Pawai Budaya itu baru pertama kali digelar sejak penetapan hari jadi Batam beberapa tahun silam.
Pawai dibuka oleh marching band SMPN 34 Batam dan dilanjutkan barisan zuriat (keturunan) Nong Isa, bersama Lembaga Adat Melayu, Hulubalang dan Kekerabatan Keluarga Melayu.
Sanggar makyong, kesenian khas melayu juga memeriahkan rangkaian pawai dan dilanjutkan penampilan Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) DPD Kepulauan Riau dengan beragam pakaian karnaval yang mewah.
Ibu-ibu PKK dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam pun ikut serta dengan menampilkan marching band PKK-GOW.
Sejumlah paguyuban turut serta antara lain keluarga besar Sumatera Selatan, Himpunan Masyarakat Bangka Belitung, paguyuban Yogyakarta, Jawa Timur, Tanah Datar dan Gonjong Limo Sumatera Barat. Selain itu juga ada Keluarga Maluku, Bali, Dayak-dayak Iban, Ikral, Karo, Lampung, Jambi, Dumai, Bintan, Tanjungpinang, Natuna.
Kemudian Perhimpunan Bundo Kanduang, PSMTI, Ikatan Keluarga Sumatera Barat, Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara, Tapanuli Centre, keluarga Ikrohil, Madura, Banten dan Banjar juga masuk dalam barisan pawai.
Bahkan, paguyuban juga menampilkan kesenian dan budaya masing-masing, seperti reog, pencak silat, debus, serta barongsai.
Warga yang ikut menyaksikan, Retha, mengaku senang dengan pawai budaya, memperingati HUT Batam itu.
“Ramai sekali, semuanya bagus-bagus. Ini namanya pesta rakyat, semuanya digandeng oleh Pemkot, tandanya Batam ini beragam,” kata dia.

Check Also

Ketika Investasi Tak Sesuai Ekspektasi

KEPRIPOS.COM – Menggenjot investasi merupakan upaya paling gencar ditempuh oleh Pemerintah. Terutama di bawah kepemimpinan …

Leave a Reply