Home / Berita / Sultan Mahmud Riayat Syah dari Lingga Dinobatkan Sebagai Pahlawan Nasional

Sultan Mahmud Riayat Syah dari Lingga Dinobatkan Sebagai Pahlawan Nasional

KEPRIPOS.COM (KPC), LINGGA – Alamharhum Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan Pahlawan Nasional dari Provinsi Kepulauan Riau. Selain itu ada juga tiga penerima Anugerah Pahlawan Nasional yang akan disampaikan oleh Presiden Jokowi.
Yakni almarhum TGKH Muhammad Zainudin Abdul Majid tokoh dari Nusa Tenggara Barat, almarhum Laksamana Malahayati dari Provinsi Aceh, almarhum Prof Lafran Pane dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga Muhammad Ishak menjelaskan pengajuan Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi pahlawan nasional, sejak tahun 2013 yang lalu. Setelah melalui berbagai riset dan seminar akhirnya pada awal tahun 2017 Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GD) berhasil mengajukan Sultan Mahmud Riayat Syah mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Dua ahli waris dari almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah akan diwakilkan untuk menerima penghargaan gelar pahlawan nasional di Istana Negara Jakarta, Kamis 9 November mendatang.

“Ahli waris dari almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah yang akan menerima gelar tersebut adalah Tengku Husen dan Tengku Sahodah. Penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo,” Kata Plt Kepala Bagian Humas, Komunikasi dan Informasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga Sabirin, Senin (06/11/2017).

Makam Sultan Mahmud Riayat Syah terdapat di Daik, Kabupaten Lingga yang merupakan bekas ibu kota Kerajaan Riau – Lingga.

“Kami juga akan memberikan penghargaan kepada penulis, dan orang-orang yang berjasa dalam perjuangan menjadikan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai pahlawan nasional,” ungkap Muhammad Ishak. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply