Home / Ekbis / Terlalu Banyak, Jumlah PNS Akan Dikurangi Dengan Sistem Pensiun

Terlalu Banyak, Jumlah PNS Akan Dikurangi Dengan Sistem Pensiun

KepriPos.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menyebut, rasio jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) terhadap penduduk saat ini sebanyak 1,77 persen. Jumlah ini melebihi batas ideal rasio PNS yang seharusnya, yakni hanya sebesar 1,5 persen.

Mengantisipasi hal tersebut, Yuddy akan melakukan pengurangan pegawai, salah satunya melalui program pensiun. Dia mencatat, rasionalisasi penataan kepegawaian nasional sebanyak 4,7 juta orang, dan diperkirakan yang akan pensiun sebanyak 520 ribu pegawai.

“Oleh karena itu pendekatan moratorium itu negatif to zero growth. Zero growth itu tingkat pertumbuhan 0 paling maksimum, jadi misal di suatu kantor yang pensiun 100 maksimal yang ditambah paling 20,” kata Yuddy di kantor Kementerian Keuangan,Jakarta.

Yuddy akan melakukan penataan kepegawaian sesuai dengan Undang-Undang dan selesai pada 2019 mendatang. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan postur kepegawaian yang ideal. Yakni penataan yang berintegritas, berdisiplin, berpendidikan, profesional, kompeten, dan inovatif.

“Berarti kita punya waktu 4 tahun ke depan, kebijakan itu dikaji. Ada waktu 3 tahun, kita akan lakukan penataan kepegawaian,” jelasnya.(merdeka)

Check Also

Permudah Jasa Layanan Perbankan, Bank Riau Kepri dan Pemkab Rohil MoU

KEPRIPOS.COM – PT. Bank Riau Kepri jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam …

Leave a Reply