Home / Berita / Tim PKK Bintan Bantu Program Pemda Melalui Dasa Wisma

Tim PKK Bintan Bantu Program Pemda Melalui Dasa Wisma

KEPRIPOS.COM (KPC), BINTAN – Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bintan akan turut berperan dalam membantu dan menyukseskan program pemda. Satu di antaranya dengan mengaktifkan Gerakan Dasa Wisma.

“Dasa Wisma merupakan kelompok ibu-ibu berasal dari 10 kepala keluarga rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program PKK. Kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan dana, kuesioner, dan tertib administrasi organisasi,” ujar Ketua PKK Bintan, Deby Apri Sujadi, akhir pekan kemarin.

Deby menambahkan Dasa Wisma dapat pula menjadi salah satu wadah kegiatan masyarakat, dengan memberikan bantuan sosial, informasi, serta menyerap aspirasi masyarakat. Salah satu tugas penting yang akan dilaksanakan yakni membantu pemerintah meningkatkan kesehatan keluarga.

“Selain dapat berperan aktif dalam melancarkan program-program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Bintan, kegiatan Dasa Wisma juga bisa diarahkan pada kegiatan peningkatan kesehatan keluarga,” katanya.

Untuk mencapai sasaran tersebut, ia menjelaskan gerakan  Dasa Wisma harus bersinergi dengan program pemerintah daerah. Sinergisitas yang terbangun akan memudahkan kedua lembaga untuk bertukar informasi.

“Fungsinya dalam menyalurkan dan memberikan informasi setiap program pemerintah daerah  kepada masyarakat dapat lebih efektif dan efisien,” tuturnya.

Ia mengemukakan pengurus Dasa Wisma juga dapat menjadi penyambung lidah pemerintah dalam menyosialisakan program pemerintahan yang belum disosialisasikan kepada warga desa atau kelurahan.

Sebagai contoh, menginformasikan kepada masyarakat terkait prosedur pengobatan gratis, menyukseskan gerakan pemeriksaan dini guna mengantisipasi pencegahan kanker serviks bagi kaum ibu-ibu, dan juga ikut mengaktifkan kembali peran posyandu. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply