Home / Internasional / Uang Baru Pound Sterling Berbahan Lemak Hewan, Tuai Protes

Uang Baru Pound Sterling Berbahan Lemak Hewan, Tuai Protes

KEPRIPOS.COM (KPC) – Uang kertas baru pound sterling yang dikeluarkan oleh Bank of England menuai protes. Banyak warga Inggris menolak uang baru tersebut.

Penolakan terjadi setelah warga mengetahui bahwa uang senilai lima pound sterling tersebut ternyata terbuat dari lemak hewan. Awalnya warga yang kebanyakan kelompok vegetarian mempertanyakan soal penggunaan lemak hewan dalam uang tersebut, melalui akun Twitter, pihak bank membenarkan kecurigaan itu. “Ada jejak lemak pada pelet polimer yang digunakan sebagai bahan dasar dalam uang senilai lima pound sterling itu,” demikian cuitan pihak bank.

Diberitakan oleh Reuters, 30 November 2016, lemak tersebut adalah lemak hewani yang banyak digunakan dalam pembuatan lilin dan sabun. Sebagai bentuk protes karena penggunaan lemak hewan itu, warga lalu mengedarkan petisi dan menuntut agar pihak bank tak lagi menggunakan lemak tersebut. Menurut petisi itu, penggunaan lemak hewan tidak hanya berdampak pada vegan dan vegetarian, tapi juga pada kelompok agama seperti Hindu, Sikh, dan Jain.

Uang pecahan lima pound itu baru disampaikan pada bulan Juni lalu. Setelah pengujian yang sangat ketat, Bank of England mengatakan, uang tersebut tahan air, dapat bertahan saat terkena api kecil, dan mampu bertahan dua setengah kali lebih lama dibanding uang sebelumnya.

(VIVA.co.id)

Check Also

Warga Palestina Kembali Diserang Polisi Israel, 90 Orang Terluka, 1 Diantaranya Bayi

KEPRIPOS.COM – Bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel kembali terjadi pada Sabtu (8/5) malam …

Leave a Reply