Home / Nasional / Walhi Sebut Sebagian Besar Titik Panas Muncul di Lahan Konsesi

Walhi Sebut Sebagian Besar Titik Panas Muncul di Lahan Konsesi

PEKANBARU – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyebut, tahun 2019 atau sepanjang Januari-Juli 2019 secara nasional tercatat 4.258 titik panas. 2.087 diantaranya berada di lahan konsesi korporasi dan Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG).

“Ada 613 korporasi yang beroperasi di lahan konsesi dengan titik panas tersebut. Karena itu Pemerintah harus tegas kepada korporasi ini,” kata Manajer Kampanye Pangan, Air, dan Ekosistem Esensesial Kelas Walhi, Wahyu A Perdana, Jumat 2 Agustus 2019.

Berdasarkan catatan Walhi, 613 perusahaan yang beroperasi di KHG memiliki kriteria status perizinan yang berbeda. 453 konsesi merupakan Hak Guna Usaha (HGU), Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dan Hutan Tanaman (IUPHHK-HT) sebanyak 123 konsesi, dan 37 konsesi merupakan IUPHHK Hutan Alam.

Dari kemunculan titik api tersebut terbanyak selalu berada di Riau, di lahan konsensi yang ada di Riau. Saat ini beberapa wilayah di Riau kembali dikepung kabut asap dan Satgas yang didalamnya juga ada TNI sedang berupaya memadamkan karhutla.

Menurut Wahyu, pihaknya tidak setuju jika aparat pemerintahan seperti TNI dilibatkan dalam pemadaman kebakaran lahan dan hutan yang berada di lahan konsesi. Harusnya, pemerintah bersikap tegas, dan melakukan upaya paksa agar korporasi memadankan dan memulihkan kebakaran yang ada di lahan konsesinya.

“Dalam pasal 88 Undang-Undang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, semua yang melakukan perusakan lingkungan mempunyai dua tanggung jawab, yaitu ganti kerugian dan memulihkan tanpa perlu unsur pembuktian kesalahan,” ujar Wahyu.

Adanya kontribusi hotspot di lahan konsesi tersebut, menurutnya, kondisi karhutla di Riau sudah berada dalam tahapan memprihatinkan. Kondisi dampak karhutla di Riau, menurut dia, sudah sangat berbahaya terhadap kondisi kesehatan anak.

“Tanpa pengendalian karhutla yang maksimal maka sampai kapanpun Riau akan terus terpapar asap karhutla,” katanya.***

Check Also

Pemerintah Nagari Balai Tangah adakan Halal Bi Halal

KEPRIPOS.COM – Dalam rangka halal bi halal setelah merayakan hari raya idul Fitri, pemerintah nagari balai …

Leave a Reply