Home / Seputar Kepri / Ada 34.138 Anak Lahir di Batam Ditahun 2015

Ada 34.138 Anak Lahir di Batam Ditahun 2015

Jumlah penduduk di Batam tiap tahunnya bertambah drastis. Ini bisa dilihat dari angka kelahiran di Batam yang sangat tinggi. Di tahun 2015 lalu, ada sekitar 34.138 orang anak yang lahir di Batam.

“Tahun 2015 lalu ada sekitar 34.138 anak yang lahir di Batam. Ini sangat tinggi dari target tahunan di Batam,” kata Boy Jamaris, kepala bidang pencatatan sipil, Disdukcapil Pemko Batam, Selasa (19/1).

Boy mengatakan setiap tahunnya, Pemko Batam menargetkan angka kelahiran anak sekitar 30 ribu anak. Hampir setiap tahunnya, angka kelahiran ini selalu melebihi terget.

Kata Boy, data ini didapatkan dari pengurusan akte catatan sipil baru bagi anak yang baru lahir. Jumlah angka kelahiran di tahun 2014 lalu pun, jauh melebihi target tahunan, yakni 38.815 kelahiran anak.

“Jadi sangat wajar kalau jumlah penduduk kita  terus bertambah. Dan menurut saya ini juga dikarenakan tingginya angka wanita produktif di Batam,” katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Nurmadiah mengatakan saat ini masih ada ribuan pasangan produktif yang belum melaksanakan program KB. Padahal pemerintah menggelar ini secara gratis untuk warga.

“Ini tidak bayar kok. Datang saja ke Puskesmas. Ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menjaga pertumbuhan penduduk di Batam,” katanya.

Nurmadiah mengimbau kepada seluruh pasangan usia subur untuk menjalankan program Keluarga Berencana demi kualitas kehidupan rumah tangga dan menekan laju pertumbuhan penduduk di Batam.

“Kualitas keluarga kecil kemungkinan besar lebih baik dari keluarga besar. Maka kami harapkan agar masyarakat untuk menjalankan program keluarga berencana,” kata Nurmadiah.

Check Also

Douwes Dekker, Belanda yang Cinta Indonesia, Anti-Belanda

KEPRIPOS.COM – Tahun 1947, setelah Agresi Militer Belanda I, ada perundingan awal untuk persiapan perundingan …

Leave a Reply