Home / Seputar Kepri / Tepuk Tepung Tawar Sambut Kapolresta Barelang

Tepuk Tepung Tawar Sambut Kapolresta Barelang

Tradisi Melayu menyambut kedatangan Kombes Pol Helmi Santika di Mapolres Barelang, Lubukbaja, Senin (18/1) siang. Perenjis dan tepuk tepung tawar diberikan para datuk dari Lembaga Adat Melayu kepada pucuk pimpinan Polresta Barelang yang baru dilantik ini.

Tak hanya itu, tradisi penyambutan dengan pedang pora juga mengawali langkah mantan Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri di Polres Barelang.

“Ini kejutan bagi saya. Begitu masuk disambut dengan tradisi yang luar biasa bagi saya. Dan saya tahu ini mengandung maksud yang sangat dalam,” kata Helmi saat memberi kata sambutan pada apel pertama bersama para anggotanya.

Helmi mengaku akan mengemban amanah sebagai pucuk pimpinan Polresta Barelang. Dirinya juga akan menjalin hubungan baik yang telah terjalin selama ini, baik dengan personil Jajaran Polresta Barelang hingga masyarakat.

“Sebagai orang baru, saya permisi kepada semuanya. Semoga saya bisa bergabung dan terus menjalalin silaturahmi yang telah ada sebelumnya,” terang Helmi.

Menurut dia, sebagai langkah utama, dirinya berjanji akan menjamin keamanan di Kota Batam. Namun, dalam melaksanakan tugas itu, dirinya pun sangat perlu kerjasama dan dukungan dari semua pihak. Dengan bahu membahu memberikan informasi sesuai tupoksi masing-masing, hingga terciptanya ketentraman di Batam.

“Jika ingin menciptakan ketentraman di wilayah Batam, percayalah dengan kekuatan yang ada. Yakinlah dengan kebersamaan. Jadi seberapa sulit pun pekerjaan, pasti akan tuntas dengan kebersamaan,” tutur Helmi.

Helmi juga mengucapkan terimakasih kepada mantan Kapolres Barelang Kombes Asep Safrudin yang kini menjabat sebagai Direktur Narkoba Polda Banten. Dimana, selama ini, Asep dikenal bisa berkoordinasi dengan baik kepada anggotanya.

“Saya akan melajutkan silaturahmi yang telah terjalin. Dan saya ucapkan kepada Kombes Asep semoga sukses di wilayah kerja yang baru,” harap Helmi.

Sementara itu, Kombes Asep Safrudin berharap agar penganti dirinya (Kombes Helmi) bisa bertugas lebih baik dari dirinya. Hingga memberikan rasa aman yang lebih kepada masyarakat.

“Bisa lebih bagus dari saya dan bisa lebih menjamin keamanan. Insyallah besok (hari ini, red) saya berangkat ke Pulau Jawa,” terang Asep.

Asep juga mengucapkan terimakasi kepada personil Jajaran Polresta Barelang yang telah membantunya menjalankan tugas sebagai Kapolres Barelang. “Selama ini kita bercengkrama di Polresta Barelang, mungkin ada hal yang tidak pas atau kurang berkenan, mohon dimaafkan,” harap Asep.

Pada sore kemarin, Polresta Barelang juga mengantar pelepasan Asep dengan proses pedang pora dan silaturahmi sesama personil polri. Pelepasan Asep berlangsung haru.

Check Also

Douwes Dekker, Belanda yang Cinta Indonesia, Anti-Belanda

KEPRIPOS.COM – Tahun 1947, setelah Agresi Militer Belanda I, ada perundingan awal untuk persiapan perundingan …

Leave a Reply