Home / Berita / Dabo Lama dan Kebun Nyiur Rawan Malaria

Dabo Lama dan Kebun Nyiur Rawan Malaria

KEPRIPOS.COM (KPC) – Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Lingga Juni Fitria menyarankan agar masyarakat mempersiapkan prilaku hidup sehat serta makan buah saat menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini.

Ini dikarenakan dalam musim penghujan biasanya sejumlah penyakit akan menyerang sistem kekebalan tubuh, seperti influenza, diare, dan malaria. Penyakit tersebut lebih mudah menjangkit dan merebak ke seluruh masyarakat di daerah yang rawan maupun kawasan yang tidak termasuk zona rawan.

“Terutama bagi masyarakat di kawasan Dabo Lama dan Kebun Nyiur yang termasuk dalam kawasan rawan penyakit yang timbul saat musim pengujan,” ujar Juni seperti dikutip dari BatamPos, Minggu (25/11) pagi.

Namun Juni menambahkan, penyebaran serta penilaian penyakit tersebut dapat dicegah dan diatasi dengan merubah prilaku masyarakat untuk melakukan hidup sehat. Juni memberikan contoh, masyarakat meningkatkan intensitas gotong royong untuk membersihkan lingkungan dari genangan air, sampah dan sebagainya.

Tidak lupa, masyarakat juga dituntut agar menggunakan air bersih, cuci tangan dengan sabun, pengunaan jamban sehat dan tidak lupa untuk mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Keseluruhan tindakan itu termasuk dalam program Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang mesti dilakukan secara rutin.

Selain itu, masyarakat diminta lebih sering memperhatikan kondisi lingkungan sekitar untuk memusnahkan genangan air guna memperkecil penyebaran dan pengembangan biakan nyamuk demam berdarah.

“Masyarakat juga dapat menggunakan perlindungan diri dengan menggunakan sejumlah lotion penangkal nyamuk, tidur pakai kelambu dan sebagainya,” ujar Juni. (batampos)

Check Also

Kajati Banten dan Jajaran Ikuti FGD “Dharma Bakti Insan Adhyaksa Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia”

SERANG – Bertempat di aula Kejati Banten, Kepala Kejaksaan Tinggi (kajati) Banten Dr. Siswanto, SH.MH …

Leave a Reply