Home / Berita / Destinasi Pariwisata Anambas Terkendala Jaringan Telekomunikasi

Destinasi Pariwisata Anambas Terkendala Jaringan Telekomunikasi

KEPRIPOS.COM (KPC), TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kepri, Guntur Sakti mengatakan, masalah telekomunikasi di Anambas tengah dibahas oleh Pemerintah Pusat. Persoalan yang sama juga dialami Kabupaten Natuna dan Lingga.
 
Sebagai daerah perbatasan dengan sejumlah negara jiran, telekomunikasi di kabupaten ini seharusnya lebih baik. “Ada infrastruktur telekonomunikasi di Anambas, tetapi tidak berfungsi secara maksimal karena perusahaan mengalami kerugian,” ujar Guntur yang ikut dalam rapat di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia, belum lama ini.
        
Guntur mengemukakan masalah telekomunikasi di Kepri, terutama Anambas dan Natuna tidak bisa dianggap sebelah mata karena mempengaruhi sektor lain. Seperti pertahanan keamanan, transportasi, kinerja pemerintahan daerah, perekonomian, sosial, pariwisata dan budaya.
        
Natuna ditetapkan sebagai salah satu basis pertahanan Indonesia, yang seharusnya tidak lagi terkutat dalam permasalahan telekomunikasi, melainkan solusi untuk meningkatkan sistem telekomunikasi yang dibutuhkan masyarakat dan pemerintah.
        
Kepulauan Anambas sudah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata nasional, yang memiliki keindahan bawah laut, yang diakui dunia.
        
“Dan kedua daerah ini merupakan etalase Indonesia, berbatasan dengan negara tetangga yang memiliki kemajuan teknologi telekomunikasi. Jadi jangan bicara tentang era digitalisasi, e-Government, e-Commerce, kalau infrastruktur telekomunikasi masih sekarat,” ujarnya.
        
Guntur mengatakan Anambas dan Natuna harus dipandang dari aspek geostrategis sebagai sabuk keamanan nusantara. Sementara kondisi sekarang, Anambas, Natuna, dan Lingga sulit berkembang karena telekomunikasi sebagai salah satu faktor utama pendukung masih sangat terbatas. Jika ingin daerah ini maju, dan wilayah perbatasan Indonesia semakin kuat, maka pemerintah harus memperhatikan infrastruktur telekomunikasi di daerah tersebut. (*)  

Check Also

Luncurkan Aplikasi QRIS Bank Riau Kepri, Gubernur Kepri: Satu Langkah Percepat Digitalisasi

KEPRIPOS.COM, TANJUNGPINANG – Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad SE MM bersama Direktur Utama Bank …

Leave a Reply