Home / Politik / Jamkesda Dihapuskan, Berobat Di Puskesmas Bengkalis Masih Tetap Gratis

Jamkesda Dihapuskan, Berobat Di Puskesmas Bengkalis Masih Tetap Gratis

KEPRIPOS.COM (KPC),BENGKALIS – Puskesmas di delapan kecamatan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau tetap menggratiskan biaya pengobatan meskipun Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda) atau berobat menggunakan kartu keluarga (KK) dan KTP, tidak berlaku lagi.

“Untuk pengobatan di Puskesmas tetap kita gratiskan, tidak ada yang dikenakan biaya, semuanya sudah ditanggung Pemerintah Kabupaten Bengkalis, hanya saja berobat di rumah sakit sudah tidak diberlakukan lagi dengan KK dan KTP,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis, H Moh Sukri dalam keterangannya di Bengkalis, Rabu.

Menurut dia, adanya informasi tidak diberlakukannya lagi berobat menggunakan KK dan KTP, membuat masyarakat Bengkalis khususnya bagi mereka yang kurang mampu, terkejut dan takut berobat.

“Sebelumnya, masyarakat Bengkalis yang tidak memiliki jaminan, baik mampu dan tidak mampu seluruhnya dibayar secara gratis oleh pemerintah daerah, sehingga mereka terjamin berobat, baik di rumah sakit Bengkalis, bahkan saat dirujuk di Pekanbaru dan Jakarta sekalipun,” kata dia.

Namun, lanjutnya lagi, Undang-undang telah memaksa Jamkesmasda diintegrasikan ke JKN sehingga tidak bisa lagi APBD Bengkalis menanggung masyarakat Bengkalis secara keseluruhan.

“JKN gratis ini hanya bagi mereka yang miskin kurang mampu saja yang berhak mendapatkannya, dan Dinas Sosial yang berwenang menetapkan mereka yang kurang mampu untuk mendapatkan pengobatan gratis ini,” katanya.

Sedangkan bagi mereka yang masuk dalam kategori mampu, dianjurkan untuk masuk ke BPJS Mandiri yang akan membayar iuran setiap bulannya.

Dia menjelaskan kuota peserta JKN Gratis untuk Kabupaten Berjuluk Negeri Junjungan itu ada dua kategori, yaitu yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Untuk kuota APBD sebanyak 35.828 jiwa, sedangkan dari APBN sebanyak 115.012 jiwa, dan hingga saat ini peserta yang sudah terdaftar di BPJS sebanyak 30.660 jiwa dan jumlah tersebut akan terus berkembang,” ujarnya.

Ia menjelaskan jumlah kedua kuota tersebut sudah merangkul sekitar 25 persen dari jumlah masyarakat Bengkalis.(**)

Check Also

YouTube Klaim Sudah Blokir 83 Juta Video dan 7 Miliar Komentar

YouTube mengklaim sudah menghapus 83 juta video dan 7 miliar komentar dalam platformnya selama ini. …

Leave a Reply