Home / Berita / Pemilihan Wagub Kepri dengan Satu Calon Bisa Terlaksana Namun Beresiko Digugat

Pemilihan Wagub Kepri dengan Satu Calon Bisa Terlaksana Namun Beresiko Digugat

KEPRIPOS.COM (KPC), TANJUNGPINANG – Sekretaris DPD Partai Demokrat Kepri Husnizar Hood mengatakan, pemilihan wakil gubernur Kepri dengan calon tunggal Isdianto, mungkin saja dilaksanakan. Hanya saja rentan digugat karena payung hukum persoalan itu sangat lemah,

“Memungkinkan proses pemilihan wagub dilanjutkan meski Isdianto melawan kotak kosong. Namun, hasilnya dapat digugat,” ujarnya yang dijuga Wakil Ketua DPRD Kepri, di Tanjungpinang, Kamis (09/11/2017).

Husnizar menjelaskan ketentuan yang mengatur pemilihan wagub belum tegas. Minimal ada dua persoalan yang tidak diatur yakni batas waktu pengusulan dua nama cawagub hingga waktu pemilihan, dan rekomendasi dari partai politik apakah cukup tingkat provinsi atau harus pusat.

“Dalam peraturan juga tidak ditegaskan apakah pemilihan wagub dapat dilaksanakan meski hanya satu cawagub yang diusulkan gubernur berdasarkan rekomendasi partai politik,” katanya.

Dia mengaku sejak beberapa hari terakhir tidak terlalu mengikuti perkembangan pemilihan wagub. Bahkan dalam pertemuan gubernur dengan pengurus partai pengusung pekan lalu, Partai Demokrat tidak dilibatkan.

“Saya sudah tanyakan kepada Apri Sujadi, ketua DPD Partai Demokrat Kepri, ternyata tidak diundang dalam pertemuan tersebut,” katanya. Ia mengatakan, pengurus Partai Demokrat Kepri masih berpikir positif terhadap persoalan itu.

Kemungkinan, katanya, Gubernur Nurdin Basirun memegang pernyataan pengurus Partai Demokrat Kepri, yang menyerahkan kepada partai pengusung lainnya untuk merekomendasikan satu nama cawagub sebagai rival politik Isdianto.

“Kami sampai sekarang belum berpikir untuk merekomendasikan satu nama lagi setelah Agus Wibowo yang pernah kami rekomendasikan digugurkan karena tidak memenuhi persyaratan sebagai cawagub,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pemilih Wagub Kepri Hotman Hutapea memastikan tahapan pemilihan tetap berjalan meski hanya satu cawagub hang memenuhi persyaratan. Bahkan ia menargetkan pemilihan wagub dilaksanakan akhir bulan ini. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply