Home / Berita / Siswa SD dan SMP di Bintan Diberi Baju Batik Khas Secara Gratis

Siswa SD dan SMP di Bintan Diberi Baju Batik Khas Secara Gratis

KEPRIPOS.COM (KPC), BINTAN – Bupati Bintan Apri Sujadi saat di SDN 002 Kawal, Kecamatan Gunung Kijang mengatakan, batik padi merupakan motif atau corak khas Bintan sehingga cocok sebagai salah satu seragam sekolah.
         
Pemkab Bintan membagikan pakaian seragam batik bercorak padi mas kepada pelajar SD dan SMP secara gratis. “Corak padi mas sangat menarik, perlu dilestarikan oleh para generasi muda,” ujarnya, Senin (30/10/2017).
 
Apri mengatakan corak Padi Mas sudah lama dilupakan masyarakat. Karena itu, melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Bintan, corak padi mas kembali dikembangkan.
 
Corak ini menunjukkan Bintan kaya sumber daya alam dan sumber daya manusia. Dua kekuatan itu mendorong masyarakat untuk lebih kreatif, kuat, bekerja keras dan mampu memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam secara maksimal.
         
“Padi mas sebagai simbol kesejahteraan. Ini adalah harapan pemerintah dan masyarakat Bintan,” tuturnya.
         
Apri yang juga mantan wakil ketua DPRD Kepri itu mengemukakan baju batik merupakan satu dari sejumlah seragam sekolah yang dibagikan secara gratis kepada para siswa SD dan SMP. Bantuan itu sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah sejak pertengahan Ontober 2017.
 
Program bantuan seragam sekolah ini untuk meringankan beban orangtua atau wali murid, terutama pada tahun ajaran yang baru. Bantuan yang sama juga akan diserahkan tahun 2018.
         
“Program ini kami pertahankan karena bermanfaat bagi pelajar dan keluarganya. Uang untuk membeli seragam sekolah dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya,” ucapnya.
         
Sementara itu, Ketua Dekranasda Bintan, Deby Apri Sujadi mengatakan corak padi mas pada baju batik seragam sekolah dapat mengenalkan kembali kepada masyarakat bahwa sejak dahuli Bintan memiliki corak khusus batik batik.
         
“Saat ini ada sekitar 20 motif batik padi mas. Untuk corak khas batik pada seragam sekolah ini digunakan padi mas beriring,” ucapnya.
         
Padi Mas, dikenal dalam sejarah Kerajaan Melayu Bentan di Kabupaten Bintan. Sejarah Padi Mas juga terdapat di sebagian bab awal Kitab Sejarah Melayu (Sulalatus Salatin). (*)

Check Also

Ketika Investasi Tak Sesuai Ekspektasi

KEPRIPOS.COM – Menggenjot investasi merupakan upaya paling gencar ditempuh oleh Pemerintah. Terutama di bawah kepemimpinan …

Leave a Reply